About Us

Latar Belakang

Program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) merupakan program tahunan hasil kerja sama Pemerintah Republik Indonesia dengan negara-negara sahabat dan telah diadakan sejak tahun 1973. Sementara Program Kapal Pemuda Nusantara (KPN) merupakan salah satu program dari Kementrian Pemuda dan Olahraga, Kementrian Kelautan dan Perikanan, bekerja sama dengan TNI Angkatan Laut dalam upaya menanamkan nilai- nilai dunia bahari yang potensial jika diberdayakan lebih optimal dan serius. Kedua program ini dilaksanakan pemerintah melalui Kementrian Negara Pemuda dan Olahraga dengan mengirimkan duta muda terbaik Indonesia di berbagai program. Di tingkat provinsi, pengelolaan administrasi program pertukaran tersebut secara resmi ditangani oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) masing-masing provinsi bekerja sama dengan mitra utamanya yaitu Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI).

Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) adalah perhimpunan alumni delegasi program pertukaran dan kapal pemuda Indonesia. Setiap provinsi memiliki wadah perhimpunan masing-masing. Sehingga, untuk bergabung dalam PCMI Sumsel, pemuda Sumatra Selatan tersebut harus terlebih dulu lolos seleksi PPAN dan KPN yang diadakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Sumsel dan kemudian diberangkatkan sebagai delegasi Sumatra Selatan baik untuk program PPAN dan KPN. Jadi, alumni delegasi yang berasal dari provinsi Sumatra Selatan otomatis menjadi anggota dari PCMI Sumsel. Melalui PCMI Sumsel, diharapkan para delegasi mampu berkontribusi secara maksimal dalam upaya memikul tanggungjawab untuk melaksanakan kegiatan pemberdayaan masyarakat. Dalam hal ini PCMI Sumsel sendiri telah melakukan upaya maksimal dalam melaksanakan kegiatan pemberdayaan masyarakat. Selain itu, PCMI Sumsel juga menjadi wadah silaturrahim antar alumni delegasi Sumatra Selatan.

Tujuan Organisasi :

  1. Sebagai organisasi perhimpunan antar delagasi program PPAN dan KPN provinsi Sumatra Selatan.
  2. Wadah silaturrahim antar delegasi program PPAN dan KPN provinsi Sumatra Selatan.
  3. Sebagai tempat pemuda untuk melakukan berbagai kegiatan sosial dan pemberdayaan masyarakat.

Program PPAN dan KPN*

Sejauh ini, ada tujuh program pertukaran yang tergabung dalam PPAN. Indonesia-Canada Youth Exchange Program (ICYEP) dengan tema community development, Australia-Indonesia Youth Exchange Program (AIYEP) dengan tema professionalism, Indonesia-Malaysia Youth Exchange Program (IMYEP) dengan tema media and culture, Indonesia-Korea Youth Exchange Program (IKYEP)  dengan tema cross-cultural understanding, Indonesia-China Youth Exchange Program (IChYEP) dengan tema entrepreneurship, dan Ship for Southeast Asian Youth Program (SSEAYP) dengan tema leadership. Satu program baru – ASEAN Students Visit India (ASVI) – fokus pada inovasi di bidang pendidikan dan teknologi.

Alumni

PPAN adalah program Pertukaran Pemuda Antar Negara yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI dengan pemerintah di negara tujuan. Program ini sudah berlangsung selama kurang lebih 40 tahun dan sudah melahirkan banyak alumni, di antaranya adalah Azyumardi Azra (mantan Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta/cendekiawan muslim), Barnabas Suebu (Gubernur Papua dan mantan Duta Besar RI untuk Meksiko), Fasli Jalal (Wakil Menteri Pendidikan & Kebudayaan RI), A. Fuadi (penulis novel Negeri 5 Menara), dan Andrie Djarot (host Redaksi Pagi Trans 7)